Santri/Siswa MA Nuurul Waahid Purworejo Mengikuti Serangkaian Screening Kesehatan

Diposting pada

Humas (MA Nuurul Waahid Purworejo). Santri/Siswa MA Nuurul Waahid Purworejo mengikuti kegiatan screening kesehatan anak sekolah bersama Puskesmas Bayan Kamis ( 15/09/2022). Kegiatan dimulai dari jam 08.00 WIB sampai dengan selesai. drg. Eri Kresnoadji, sebagai ketua team pelaksana kegiatan dari Puskesmas menyampaikan bahwa  Screening ini merupakan agenda rutin yang diadakan oleh pihak Puskesmas Bayan dengan sekolah-sekolah tingkat  SMP/MTS/  MA di kecamatan Bayan.

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memeriksa status kesehatan siswa, mulai dari status gizi yang diketahui dari tinggi badan dan berat badan nanti dibandingkan dengan umur. Bagaimana status gizinya kurang atau lebih, kurus atau obesitas. Setelah itu, pemeriksaan mata, ada kelainan atau buta warna. Kemudian, pemeriksaan kebersihan diri mulai dari telinga, rambut, kuku, gigi, dan mulut,” imbuhnya.

Kegiatan screening dimulai dari pendataan siswa yang sudah dilakukan sebelum hari pelaksanaan dibantu oleh guru. Hari ini kegiatan Screening dilaksanakan oleh petugas Puskesmas berjumlah lima orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Petugas pertama melakukan pengecekan tinggi badan dan berat badan. Selanjutnya, dilakukan uji kelainan mata rabun jauh/dekat. Sementara itu, petugas yang kedua mengecek buta warna dengan meminta anak menyebut angka dari campuran berbagai warna di selembar kertas. Tahap selanjutnya yaitu pengecekan telinga siswa. Kemudian, pada tahap terakhir petugas ketiga khusus mengecek kondisi kesehatan mulut dan gigi siswa.

Bpk. Aman Supriyono, S.Sy selaku Kepala Madrasah MA Nuurul Waahid Purworejo menyambut gembira dengan adanya kegiatan Screening ini karena bisa untuk edukasi kesehatan kepada para siswa. “Saya sangat senang dengan kegiatan ini karena bisa untuk memberikan edukasi kepada siswa akan pentingnya kesehatan dan kebersihan diri,” ungkapnya.

Tidak hanya melakukan pengecekan kesehatan, dari serangkaian kegiatan tersebut petugas Puskesmas juga menyampaikan apabila setelah kegiatan ini ditemukan permasalahan pada siswa untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke fasilitas kesehatan terdekat. Alhamdulilillah  hasil screening kesehatan tahun ini  santri / siswa MA Nuurul Waahid Purworejo hasilnya cukup baik/ sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.